Kamis, 28 Februari 2019

Penggiat Seni Hibur Masyarakat Melalui Malam Seni Masyarakat

Penggiat Seni Hibur Masyarakat Melalui Malam Seni Masyarakat

Penggiat Seni Hibur Masyarakat Melalui Malam Seni Masyarakat
Kamis, 28 Februari 2019


Kelompok penggiat seni menampilkan beragam pertunjukan seni untuk menghibur warga Air Dingin, Pekanbaru pada acara perdana Malam Seni Masyarakat. Penggiat seni tersebut adalah beberapa komunitas seni yang ada di Pekanbaru di antaranya AKLaMASI UIR, sanggar tari UIR, Komunitas Malam Puisi Pekanbaru, dan Suku Seni Riau selaku empunya acara.

Masyarakat sekitar Rumah Kreatif Suku Seni Riau  hadir sebagai penonton juga unjuk kebolehan. Rudianto mewakili warga membuka rangkaian pertunjukan dengan mendeklamasikan puisi berjudul Aku karya Chairil Anwar dan Baju Bulan karya Joko Pinurbo. Sontak antusias warga sekitar langsung tinggi sejak awal.


Selain pembacaan puisi dari warga, Malam Seni Masyarakat juga menampilkan duet deklamasi puisi dan pertunjukan drama oleh Suku Seni Riau, deklamasi puisi oleh Media Mahasiswa Mahasiswa AKLaMASI UIR. Kemudian penampilan tari zapin pecah 12 oleh sanggar tari UIR dan deklamasi puisi oleh Komunitas Malam Puisi Pekanbaru. Acara ditutup dengan dendang lagu Kampar oleh Ridho, Anggota Suku Seni.


Dalam sambutannya, Marhalim Zaini selaku Kepala Suku Seni Riau menyebut Malam Seni Masyarakat ialah bentuk komitmen Suku Seni Riau dalam berkesenian yang selain untuk menghibur masyarakat juga memberi peluang bagi masyarakat menampilkan keseniannya. Malam Seni Masyarakat dijadwalkan menjadi kegiatan rutin bulanan. “Suku Seni Riau juga memiliki Taman Baca Masyarakat. Warga yang hendak membaca silakan datang ke suku,” imbuhnya.


Acara yang berlangsung pada Sabtu malam, 23 Februari 2019 turut dihadiri oleh tokoh masyarakat sekitar. H. Syarianto Suwil, S. Pd. I selaku ketua RT 05 RW 03 Air Dingin mewakili warga menyampaikan ucapan terima kasih dan mengaku senang dengan kegiatan yang digagas oleh Suku Seni Riau. “Kami senang. Saat remaja terus disuguhkan oleh seni yang berasal dari barat, Suku Seni Riau dalam waktu setahun kehadirannya di lingkungan ini berupaya mengenalkan kembali kesenian dari Riau,” jelasnya.

Penggiat Seni Hibur Masyarakat Melalui Malam Seni Masyarakat
4/ 5
Oleh