Jumat, 26 April 2019

Manfaat Hidup Berkomunitas

Manfaat Hidup Berkomunitas

Manfaat Hidup Berkomunitas
Jumat, 26 April 2019

Apa yang dimaksud dengan komunitas? Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) komunitas adalah suatu kelompok sosial di suatu masyarakat yang terdiri dari beberapa individu yang saling berinteraksi di lingkungan tertentu dan umumnya memiliki ketertarikan dan habitat yang sama.

Ada juga yang menyebutkan bahwa arti komunitas adalah suatu kelompok di dalam masyarakat, dimana para anggotanya memiliki kesamaan kriteria sosial sebagai ciri khas. Misalnya kesamaan minat, kesamaan profesi, kesamaan agama, kesamaan tempat tinggal, dan sebagainya.

Terbentuknya sebuah komunitas disebabkan adanya keinginan dari tiap-tiap anggotanya untuk mencapai tujuan tertentu secara bersama-sama. Selain itu, komunitas juga bertujuan saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya.

Apa Pentingnya Berkomunitas? 


Proses latihan pementasan teater agama sungai (dok. suku seni riau)

Dibentuknya sebuah komunitas, tentu memiliki manfaat bagi para anggotanya. Komunitas bisa menjadi sarana informasi. Sebagai contoh, kamu yang gemar dengan dunia seni (sastra, teater, tari, dsb) segala informasi yang berkaitan dengan kesenian bisa kamu terima dengan cepat.

Selain itu, manfaat berkomunitas adalah menjalin silaturahmi. Dengan kata lain, manusia adalah makhluk sosial. Saling memerlukan satu sama lain. Maka, saat kamu ada dalam sebuah komunitas, kamu akan serasa memiliki keluarga baru, dan relasimu akan semakin banyak karena terjalinnya silaturahmi yang baik di dalam komunitas.

Manfaat lainnya juga bisa kamu rasakan jika kamu berkomunitas. Sadar atau tidak, dengan berkomunitas, ide-ide di kepalamu bisa kamu tuangkan bahkan diwujudkan. Hal itu tercipta karena di dalam komunitas ada ruang bernama diskusi.

Berkomunitas akan membawamu bertemu orang-orang hebat. Dari sana, kamu bisa menyerap apa yang mereka sampaikan. Dengan begitu, karaktermu akan semakin terbentuk, kamu semakin berkembang dan konsisten melakukan sesuatu.

Berkomunitas menjadi jalan buat seseorang untuk bisa mengembangkan diri dengan kemampuan yang dimiliki. Semakin banyak tahu, semakin cepat kita memahami berbagai hal. Bahkan dengan berkomunitas kita bisa belajar menjadi orang yang disiplin dengan waktu dan saling menghargai, tidak egois, sehingga mampu menyatukan visi misi, serta tujuan.

Menjalani hidup dengan berkomunitas mampu memberikan banyak pelajaran berharga, dan menemukan sahabat baru, sehingga hidup di kota yang asing sekalipun tidak merasakan kesepian lagi. Karena setiap kali berkumpul, kita bisa berbagi banyak hal, bercerita, dan mengisi hari-hari dengan lebih menyenangkan. (az)

Manfaat Hidup Berkomunitas
4/ 5
Oleh