Minggu, 28 April 2019

Meningkatkan Apresiasi Seni Melalui Malam Seni Masyarakat

Meningkatkan Apresiasi Seni Melalui Malam Seni Masyarakat

Meningkatkan Apresiasi Seni Melalui Malam Seni Masyarakat
Minggu, 28 April 2019

Rumah Kreatif Suku Seni Riau kembali menggelar program bulanan yakni Malam Seni Masyarakat #3 (MSM) pada Sabtu malam, 27 April 2019.

Kegiatan yang digelar di panggung Suku ini menampilkan berbagai pertunjukan seni baik dari anggota Suku Seni sendiri maupun dari sejumlah komunitas seperti Riau Menari, LPM Bahana UNRI, UIN Suska Mengajar, dan sejumlah penampilan Mahasiswa UIR. Untuk kali ketiga ini, kepanitiaan MSM dikelola oleh aggota angkatan III Suku Seni, sekaligus sebagai salah satu penampil mewakili Suku.

Meningkatkan Apresiasi Seni Melalui Malam Seni Masyarakat
foto: dokumentasi suku seni riau

Tampak antusiasme masyarakat yang datang menonton, baik dari tokoh masyarakat setempat maupun dari berbagai komunitas di Pekanbaru. Beragam penampilan pun disajikan mulai dari musikalisasi puisi, baca puisi, menari, stand-up comedy, teaterikalisasi puisi, sampai drama komedi yang sangat menghibur masyarakat penonton. Ditambah lagi Yulia Nelfita, sebagai pewara, mampu menambah kemeriahan acara ini dengan improvisasinya.

"Untuk MSM ketiga ini, sebagaimana juga pada MSM yang lalu, kami selalu mengundang berbagai komunitas di Pekanbaru ini. Mereka bebas mau menampilkan apapun, untuk memberikan tontonan alternatif bagi masyarakat di sini," ujar Nola, selaku ketua panitia.

Sementara itu, Kepala Suku Seni, Marhalim Zaini, menjelaskan bahwa program ini adalah termasuk program unggulan yang digelar tiap bulan, dimulai di bulan Februari 2019, yang di tahun 2018 diberi tajuk Panggung Publik.

"Keduanya sebetulnya sama, hanya saja mungkin format dan jangkauannya diperluas. Dan kami merencanakan MSM ke depan tidak hanya diselenggarakan di Rumah Suku, tetapi juga di luar dan bekerjasama dengan masyarakat setempat," imbuh Marhalim.

Ditanya tentang apa target capaian dari program bulanan ini, Marhalim menjelaskan bahwa karena tujuannya mendekatkan seni kepada publik yang luas, maka target yang mau dicapai adalah bagaimana seni, apapun bentuk dan jenisnya, dapat diterima masyarakat, dan kemudian mampu meningkatkan apresiasi mereka.

"Masyarakat luas perlu disuguhkan juga sesekali pertunjukan-pertunjukan yang eksperimental, selain tentu pertunjukan seni tradisional, agar persepsi mereka tentang seni menjadi luas," kata Marhalim.


Pewarta: Eko Ragil Ar-Rahman

Meningkatkan Apresiasi Seni Melalui Malam Seni Masyarakat
4/ 5
Oleh