Minggu, 14 April 2019

Penampilan Suku Seni Riau pada Panggung Riau Festinight

Penampilan Suku Seni Riau pada Panggung Riau Festinight

Penampilan Suku Seni Riau pada Panggung Riau Festinight
Minggu, 14 April 2019




Pada Sabtu 13 April 2019, Diselenggarakan sebuah ajang besar bertajuk Riau Festinight yang berlokasi di Ruang terbuka Hijau (RTH) Jalan Ahmad Yani, Pekanbaru, Riau. Acara yang sudah diadakan sepanjang 3 minggu pada bulan ini, bertujuan untuk mengeluarkan potensi pariwisata yang ada dari masyarakat Pekanbaru, baik itu aspek sosial, budaya, maupun ekonomi.

Pada Riau Festinight kali ini, Rumah Kreatif Suku Seni Riau turut serta mengisi kemeriahan panggung. Mengambil semangat Puisi “Aku” karya Chairil Anwar, Suku Seni menampilkan sebuah Mini Teater dengan judul "Aku Chairil". Penampilan ini diisi oleh anggota-anggota generasi ketiga yakni Ukhi, Fuji, Cici, Indy, Xattah, dan Denisa. Pemusik Suku Seni Riau, Ache, mengisi musik dalam penampilan tersebut.

Sutradara pertunjukan, Bahar Ajik, mengatakan bahwa ini adalah langkah awal bagi teman-teman Suku Seni Riau generasi ketiga untuk merasakan bagaimana berada di atas panggung, dan penampilan malam kali ini bukanlah penampilan terakhir. Di mana Mini Teater ini dapat dikembangkan lebih baik lagi, dan kemungkinan akan ditampilkan kembali dalam panggung Malam Seni Masyarakat Rumah Kreatif Suku Seni Riau.

Para pemain menunjukkan kebolehan mereka di atas panggung, berperan sebagai karakter yang berbeda mulai dari Nelayan, Loper Koran hingga Mahasiswa Milenial. Melalui pertunjukkan tersebut, mereka ingin menyampaikan bahwa semangat Chairil Anwar dalam puisi “Aku” masih berdiam di dalam diri semua orang, berbagai status ataupun profesi. Penampilan tersebut tentunya mengundang decak kagum berikut tepuk tangan dari penonton yang dominan adalah anak-anak dan keluarga yang menghabiskan akhir pekan di lokasi itu.

“Pertama main teater di atas panggung ditonton banyak orang rasanya memang gugup, tapi setelah tampil itu rasanya mau tampil lagi.” Ujar Ukhi, salah satu pemain.

Selain dari Suku Seni Riau, banyak komunitas lain yang turut serta dalam acara tersebut. Sebut saja Malam Puisi Pekanbaru, Sanggar Latah Tuah, PGSD UIR, dan komunitas Riau Menari. Setelah berbagai penampilan, pihak Riau Festinight juga mengadakan Talkshow mengenai Ekonomi Era Milenial dengan pembicara-pembicara yang sudah ahli dalam bidangnya

Tidak hanya pada Acara Riau Festinight, Rumah Kreatif Suku Seni Riau juga ikut meramaikan acara Nonton Film dan Diskusi bersama yang diadakan LPM Bahana Mahasiswa di kampus UNRI Gobah pada hari yang sama. Pada acara tersebut, disajikan acara Nonton bareng Film Dokumenter “Sexy Killer” dengan Kepala Suku, Marhalim Zaini sebagai salah satu pemantik diskusi pada malam tersebut.

*Eko Ragil Ar-Rahman

Penampilan Suku Seni Riau pada Panggung Riau Festinight
4/ 5
Oleh