Rabu, 08 Mei 2019

Apa Kata Afrizal Malna, Rida K Liamsi dan Aprinus Salam tentang Buku “Siasat” Marhalim Zaini

Apa Kata Afrizal Malna, Rida K Liamsi dan Aprinus Salam tentang Buku “Siasat” Marhalim Zaini

Apa Kata Afrizal Malna, Rida K Liamsi dan Aprinus Salam   tentang Buku “Siasat” Marhalim Zaini
Rabu, 08 Mei 2019




Judul
: Siasat (Sehimpun Esai Ihwal Dunia Puisi)
Editor
: Sofyan RH Zaid
Lukisan Sampul
: Prof. Tulus Warsito
Cetakan Pertama 
: November 2018
Penerbit
: Tareebooks Jakarta
Tebal   
: 313 Halaman


Afrizal Malna, seniman:
 “Apakah puisi. Apakah penyair. Apakah bahasa. Ketiga hal ini diperlakukan  sebagai sebuah spektrum yang dilabilkan kembali oleh Marhalim dalam bukunya “Siasat” ini. Kenapa melabilkan sebuah bentuk penciptaan, yaitu puisi, yang sejarahnya sudah panjang, mungkin sepanjang sejarah bahasa yang jauh tak terlacak? Karena, bertanya merupakan aktivisme bahwa kerja melakukan “renovasi” terhadap sejarah, format maupun formula penciptaan, sama dengan memperbarui posisi masa kini dalam memproyeksikan kerja-kerja penciptaan, seperti puisi. Marhalim, dalam kumpulan esainya yang kaya dan beragam ini, kehadirannya menjadi sangat penting ketika kerja literasi maupun kurasi di sekitar puisi dalam waktu panjang, setelah kematian HB. Jassin kehilangan pemetaannya. Buku ini membawa puisi sebagai sebuah produk penciptaan dan dibuka untuk bergesekan dengan medan politik, budaya, agama, kehidupan sehari-hari, munculnya media baru, termasuk membawanya ke medan ketubuhan antara mendengar, bicara dan melihat. Buku yang tampak berkeringat oleh kerja keras yang dilakukan Marhalim.”

Rida K Liamsi, sastrawan:
 “Siasat adalah kumpulan esai tentang penyair dan puisinya. Penyair, puisi, dan kehidupan sosial yang mengepungnya. Dan ditulis oleh seorang penyair—salah satu penyair handal di Indonesia. Penyair yang sangat diperhitungkan di tanah kelahirannya, Riau negeri “sahibul kitab”. Tulisan-tulisan ini adalah tulisan yang dengan rajin dan disiplin ditulis Marhalim di kolom tetapnya di harian Riau Pos edisi Minggu. Marhalim Zaini, menulis dan memotret dunia kepenyairan yang dijalaninya dengan setia, meskipun latar belakang pendidikannya adalah teater modern. Sebagai seorang esais, dan seorang penulis kritik yang tajam, dia bisa berdiri di luar pagar kepenyairannya. Dengan pisau bedahnya ia menyayat dan membedah isi kehidupan puisi dan penyair di Indonesia dengan menyanding-bandingkannya dengan dunia puisi dan kepenyairan dunia. Melalui esainya, Marhalim berhasil menghidangkan sebuah perenungan yang puitis tentang puisi dan kepenyairan, namun tetap obyektif dan realistis dengan renungannya. Marhalim, m
enulis dengan kaidah esai yang baik, berhasil menghidangkan sebuah ruang terbuka untuk diperdebatkan dan selalu menyisakan hentakan-hentakan. Syabas!”

Dr. Aprinus Salam, pengajar di Pascasarjana FIB UGM:
“Tulisan-tulisan Marhalim Zaini yang terkumpul dalam buku ini sangat menarik, dan inspiratif. Dia berhasil membuka banyak pintu masalah puisi dan kepenyairan khususnya, dan masalah sastra pada umumnya, untuk diteruskan dengan riset-riset yang akan lebih menjanjikan. Saya sangat menikmatinya.”

Apa Kata Afrizal Malna, Rida K Liamsi dan Aprinus Salam tentang Buku “Siasat” Marhalim Zaini
4/ 5
Oleh