Senin, 20 Mei 2019

“Suara-suara” Taufik Ikram Jamil

“Suara-suara” Taufik Ikram Jamil

“Suara-suara” Taufik Ikram Jamil
Senin, 20 Mei 2019


Judul : Hikayat Suara-suara
Penulis : Taufik Ikram Jamil
Penerbit : Penerbit Buku Kompas
Tahun : 2019
Halaman : 150

Taufik Ikram Jamil, sastrawan asal Riau, kembali melahirkan buku. Sebuah buku kumpulan cerpen yang berjudul “Hikayat Suara-suara” yang diikat dalam satu tema tentang “suara.” Suara, yang selalu menjadi topik kontekstual setiap kali pemilihan umum datang, dieksplorasi sedemikian rupa, dari berbagai sudut pandang, dalam sejumlah cerpen yang pernah dimuat di sejumlah media massa ini.

Tidak sampai di situ, “suara” dalam cerpen-cerpen Taufik dalam buku ini tidak semata terkait ihwal pemilihan umum, tetapi juga “suara” dalam ruang permaknaan yang lebih luas. Mulai dari cerpen berjudul “Suara 1” sampai “Suara 16” berbagai kisah dinarasikan dalam berbagai problematika suara dalam keseharian hidup manusia, baik dalam aspek sosial, politik, ekonomi, agama dan budaya. Mulai dari suara sebagai wujudnya yang ril, sampai suara dalam subjek cerita yang unik dan tidak biasa.

Hal serupa, Kompas juga pernah menerbitkan buku Taufik di tahun 2005 yang berjudul “Hikayat Batu-batu.” Buku kumpulan cerpen yang mengelaborasi dan menarasikan kisah-kisah seputar batu sebagai subjek. Seperti juga “suara”, “batu” menjadi refleksi kegelisahan pengarang dalam merespon berbagai gejala sosial yang terjadi dalam masyarakat kita, terkhusus masyarakat Melayu Riau.***

“Suara-suara” Taufik Ikram Jamil
4/ 5
Oleh