Jumat, 03 Mei 2019

Suku Seni Riau Menerima Bantuan Pemerintah FKBM 2019.

Suku Seni Riau Menerima Bantuan Pemerintah FKBM 2019.

Suku Seni Riau Menerima Bantuan Pemerintah FKBM 2019.
Jumat, 03 Mei 2019




Setelah melalui sejumlah proses verifikasi, akhirnya Rumah Kreatif Suku Seni Riau dinyatakan sebagai salah satu komunitas budaya penerima bantuan pemerintah melalui program Fasilitasi Komunitas Budaya di Masyarakat (FKBM) 2019. 

Bantuan berupa pengadaan fasilitas kesenian seperti kostum dan alat musik tradisional ini diterima setelah Kepala Suku Seni, Marhalim Zaini, menandatangani MoU dengan pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Kepercayaan Kepada Tuhan yang Maha Esa dan Tradisi.

FKBM adalah program bantuan pemerintah yang disalurkan langsung kepada komunitas budaya di seluruh Indonesia. Setelah proses seleksi administrasi awal, 235 komunitas budaya dinyatakan lolos sebagai calon penerima untuk masuk ke tahap verifikasi lapangan. 



Bagi komunitas budaya yang lolos verifikasi awal dan lapangan, diundang untuk mengikuti workhsop di Jakarta (Hotel Ciputra) pada tanggal 29 April sampai 3 Mei 2019. Bagi yang lolos tahap ini, maka dinyatakan sebagai penerima dan menandatangani MoU.

Dalam sambutannya pada pembukaan acara, Hilmar Farid selaku Dirjen Kebudayaan, mengatakan bahwa program ini adalah bagian realisasi dari UU Pemajuan Kebudayaan. Dalam dunia yang bergerak cepat ini, identitas kebudayaan menjadi sangat krusial sebagai upaya penguatan karakter bangsa. Dan komunitas budaya di masyarakat bisa menjadi lokomotif penggeraknya.

Kepala Suku Seni, Marhalim Zaini, memanjatkan rasa syukurnya kepada Allah SWT  karena komunitas yang didirikannya di tahun 2017 ini bisa menerima bantuan ini. 

"Bagi Suku Seni masih belia ini, support semacam ini menjadi sangat penting untuk menyambung napas pergerakan Suku Seni ke depan. Semoga kami makin bergairah lagi mencipta seni. Huha..!" Ujar Marhalim yang ditutup dengan teriakan yel Suku Seni.***





Suku Seni Riau Menerima Bantuan Pemerintah FKBM 2019.
4/ 5
Oleh