Senin, 22 Juli 2019

27 Juli, Suku Seni Tampil dalam Kenduri Seni Rakyat Riau 2019

27 Juli, Suku Seni Tampil dalam Kenduri Seni Rakyat Riau 2019

27 Juli, Suku Seni Tampil dalam Kenduri Seni Rakyat Riau 2019
Senin, 22 Juli 2019


RUMAH Kreatif Suku Seni Riau adalah salah satu komunitas seni dari 24 komunitas yang diundang oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Riau dalam iven “Kenduri Seni Rakyat Riau 2019”. Kegiatan yang berlangsung sepanjang Juli-Agustus ini menampilkan berbagai pertunjukan seni dan pameran seni di kompleks Taman Budaya Riau, Jalan Sudirman, Pekanbaru.

Suku Seni akan tampil pada Sabtu, 27 Juli 2019, pukul 20.00 WIB, dengan menyuguhkan pertunjukan teater-puisi “Agama Sungai” karya/sutrdara Marhalim Zaini. “Agama Sungai” adalah produksi besar yang ketiga setelah sebelumnya “Dilanggar Todak” dan “Hikayat Orang Laut.” Sebagaimana juga dua pertunjukan yang lalu, “Agama Sungai” juga mengangkat isu lingkungan, terutama sungai sebagai peradaban masyarakat Sumatera, yang kini telah banyak beralih fungsi dan terabaikan, bahkan tercemar.

Bertepatan dengan Hari Sungai Nasional, 27 Juli, pertunjukan yang dipentaskan di Teater Terbuka Taman Budaya Riau ini bersumber dari sejumlah puisi “agama-agama” karya Marhalim Zaini (yang dimuat Kompas dan Koran Tempo). Pertunjukan ini didukung oleh anggota Suku Seni; Ajik Bahar, Joni Hendri, Adek Feisal Usman, Faisal Amin, Fauzul Azmi, Eko Ragil, Julisman, Rahmadi, Berly A Saputra, Tri Puji Anggara, Misratul Jannah, Annisa V Ridhanti, Denisa Indiani, Cici Sri Rahayu, Indi, Ukhi Daragia, dan Vira Silvia.

Marhalim Zaini, Kepala Suku Seni, menyambut baik iven ini, dan berterima kasih telah diundang untuk tampil. Iven ini penting untuk melihat gaya dan bentuk kesenian tradisi dan modern dari berbagai komunitas seni yang ada di Riau. "Akan menjadi penting lagi, jika iven ini juga menjadi media komunikasi dan silaturahmi antar seniman, karena ini memang sebuah kenduri..." ujar Marhalim. 

Tidak dipungut biaya. Karena tempat terbatas, bagi masyarakat yang hendak nonton sila konfirmasi kehadiran ke Misra (082283499855) atau Eko (0895604130236). Dengan mengirim nama dan nomor WA, serta follow IG @sukuseniriau.***

27 Juli, Suku Seni Tampil dalam Kenduri Seni Rakyat Riau 2019
4/ 5
Oleh