Senin, 29 Juli 2019

Alhamdulillah, “Agama Sungai” Sukses Dipentaskan

Alhamdulillah, “Agama Sungai” Sukses Dipentaskan

Alhamdulillah, “Agama Sungai” Sukses Dipentaskan
Senin, 29 Juli 2019


SABTU malam, 27 Juli 2019, pertunjukan “Agama Sungai” karya/sutradara Marhalim Zaini, sukses dipentaskan di Teater Terbuka Taman Budaya Riau. Pertunjukan yang berlangsung selama 50 menit ini disaksikan oleh ratusan penonton yang terdiri dari seniman, pelajar, mahasiswa, jurnalis, aktivis lingkungan dan masyarakat luas.

Dalam sesi diskusi sehabis pertunjukan, Marhalim Zaini menjelaskan beberapa hal terkait konsep dan isu lingkungan yang menjadi gagasan utama pertunjukan. Bertepatan juga dengan peringatan Hari Sungai Nasional, pertunjukan ini hendak menegaskan bahwa Suku Seni Riau adalah sebuah komunitas seni yang peduli dengan kerusakan lingkungan yang terjadi. Melalui media seni, keberpihakan terhadap lestarinya lingkungan diartikulasikan dan diekspresikan dengan cara yang kreatif.

Selain itu konsep “teater-puisi” juga menjadi pertanyaan salah seorang penonton. Menurut Marhalim sebutan “teater-puisi” karena merujuk pada dua genre seni, puisi dan teater. Agak berbeda dengan istilah “teaterikalisasi puisi”, konsep “teater-puisi” lebih memberi ruang otonom bagi puisi dan teater untuk bersinergi, dengan tanpa saling meniadakan satu dengan yang lain.

Diskusi berjalan hangat. Semua penanggap diskusi pada dasarnya memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pertunjukan ini. “Pertunjukannya unik dan penuh kejutan, “ ujar salah seorang penanya. “Saya adalah penonton setia Suku Seni, sejak “Dilanggar Todak” dulu, “ ujar penonton yang lain. “Saya berharap Suku Seni terus produktif menghasilkan karya, terutama yang mengangkat isu lingkungan, karena plastik memang sudah meresahkan kita, “ tambah yang lain.

Sehabis pentas, Suku Seni gelar syukuran. Makan bersama dan evaluasi. Suku Seni mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung pertunjukan ini. “Selain pihak Taman Budaya Riau, Dinas Kebudayaan Riau yang telah mengundang untuk tampil dalam iven Kenduri Seni Rakyat Riau 2019, kami juga mengucapkan terima kasih kepada sejumlah media yang telah turut mempublikasikan. Juga kepada penonton setia kami. Huha...” tutup Marhalim.***

Alhamdulillah, “Agama Sungai” Sukses Dipentaskan
4/ 5
Oleh