Senin, 29 Juli 2019

Grup Kompang Suku Seni Mulai Beraksi

Grup Kompang Suku Seni Mulai Beraksi

Grup Kompang Suku Seni Mulai Beraksi
Senin, 29 Juli 2019


MINGGU, 28 Juli 2019, Grup Kompang Suku tampil dalam helat pernikahan salah seorang warga di lingkungan Air Dingin. Sejak pengadaan alat musik tradisional Kompang untuk Suku Seni pada Juni lalu, ini adalah aksi pertama. Minggu depan, grup ini telah dipesan untuk tampil dalam helat pernikahan warga yang lain.

Koordinator Grup Kompang Suku, Ace Pauzul Azmi menyebut, mereka telah berlatih seminggu sekali di Rumah Suku untuk memperkuat kemampuan bermain kompang para anggota. Selain anggota tetap Suku Seni, sejumlah pemain Kompang dari luar anggota juga turut terlibat. “Grup ini memang terbuka untuk kawan-kawan dari luar Suku yang mau ikut main kompang. Selain itu kami siap juga untuk main silat” ujar Ace.
Marhalim Zaini, Kepala Suku Seni, menyambut baik progres ini. Karena belum lama grup ini terbentuk, telah mendapat respon dan permintaan dari masyarakat. Pengadaan 10 unit Kompang yang dibiayai dari Bantuan Pemerintah Fasilitasi Komunitas Budaya di Masyarakat (FKBM) tahun 2019 ini, menurut Marhalim, telah mulai terasa manfaatnya bagi Suku Seni.
 

“Selain turut melestarikan seni tradisional, ini juga upaya membangun regenerasi pemain-pemain baru seni Kompang, serta dapat pula memberi stimulus ekonomi bagi Suku Seni,” ujar Marhalim. “Ke depan, kita terus kembangkan ini, baik manajemen maupun SDM-nya, agar penampilan menjadi lebih baik. Bagi masyarakat yang membutuhkan, sila hubungi kami,” tutup Marhalim.***


Grup Kompang Suku Seni Mulai Beraksi
4/ 5
Oleh