Rabu, 03 Juli 2019

Peringati Hari Sungai Nasional, Suku Seni Pentaskan “Agama Sungai”

Peringati Hari Sungai Nasional, Suku Seni Pentaskan “Agama Sungai”

Peringati Hari Sungai Nasional, Suku Seni Pentaskan “Agama Sungai”
Rabu, 03 Juli 2019

HARI Sungai Nasional diperingati setiap tanggal 27 Juli. Pemerintah menetapkannya sejak tahun 2011 melalui Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2011, Pasal 74. Tujuan utama penetapan ini adalah untuk menggerakkan kepedulian masyarakat secara bersama-sama menjaga kebersihan dan kelestarian sungai. Selain itu, adanya Hari Sungai Nasional diharapkan dapat membantu pemerintah untuk melakukan proses ‘penyembuhan’pada sungai-sungai yang rusak dan tercemar di Indonesia.
Rumah Kreatif Suku Seni Riau tahun 2019 ini juga turut merayakan Hari Sungai Nasional dengan mementaskan sebuah pertunjukan teater-puisi berjudul “Agama Sungai” karya/sutradara Marhalim Zaini.

Pertunjukan ini akan dipentaskan di panggung Teater Arena Terbuka di Taman Budaya Provinsi Riau, Jl. Sudirman Pekanbaru, tepat tanggal 27 Juli 2019, pukul 20.00 WIB. “Agama Sungai” juga merupakan salah satu pertunjukan yang digelar dalam iven “Pagelaran, Pameran Seni Taman Budaya 2019” dengan tema “Kenduri Seni Rakyat Riau 2019” oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Riau dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Gratis untuk umum.

“Agama Sungai” yang bersumber dari beberapa puisi karya Marhalim Zaini ini, mengangkat isu lingkungan terutama “sungai sebagai sejarah peradaban masyarakat Sumatera.” Kerusakan, pendangkalan, limbah industri, dan berbagai masalah yang terjadi di sungai otomatis membuat peradaban juga mengalami degradasi. Namun kepedulian masyarakat masih lemah. Sungai masih dianggap sebagai “halaman belakang” tempat “pembuangan.”

Marhalim Zaini menyebut, bicara sungai tidak semata bicara soal aliran air, tetapi juga menelisik sebuah dunia luas yang kompleks, sebagaimana kompleksitas sebuah peradaban. Mulai dari aspek sosio-historis, tradisi dan mitos, seni dan ritual, agama dan spiritualitas, sampai pada aspek arkeologis dan lingkungan. “Maka peringatan Hari Sungai menjadi penting, untuk terus menerus mengingatkan kita betapa penting sungai bagi kehidupan dan peradaban manusia,” tutup Marhalim.***

Peringati Hari Sungai Nasional, Suku Seni Pentaskan “Agama Sungai”
4/ 5
Oleh