Sabtu, 27 Juli 2019

Tahniah, Puisi Marhalim Zaini Raih Juara Nasional

Tahniah, Puisi Marhalim Zaini Raih Juara Nasional

Tahniah, Puisi Marhalim Zaini Raih Juara Nasional
Sabtu, 27 Juli 2019


PUISI berjudul “Aku Mencarimu di Jakarta” karya Marhalim Zaini, Kepala Suku Seni Riau, terpilih sebagai 11 pemenang dalam Lomba Cipta Puisi Jakarta, 2019. Pengumunan disampaikan oleh dewan juri yang terdiri dari Sutardji Calzoum Bachri, Abdul Hadi WM, dan Rida K Liamsi, pada 26 Juli 2019, di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki Jakarta.

Lomba Cipta Puisi dan Cerpen Jakarta ini bersempena perayaan Hari Ulang Tahun Jakarta dan 7 Tahun Hari Puisi Indonesia. Iven yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta bekerjasama dengan Yayasan Hari Puisi Indonesia ini mengambil tema “Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia Merepresentasikan Semangat Ke-Indonesia-an.” Selain kategori umum dan terbuka secara nasional, lomba ini juga terbuka untuk kategori pelajar.

Marhalim Zaini, merasa bahagia karena selain menang dalam lomba ini, puisinya juga sebelumnya memenangkan Krakatau Award 2019. “Tahun ini banyak rezeki dari puisi. Sejak lama, saya hidup dari kata-kata. Alhamdulillah,” ujar Marhalim. Untuk kemenangan ini, Marhalim dan 10 penyair lainnya menerima hadiah uang masing-masing sebesar Rp. 9.100.000.

Berikut daftar 11 puisi pemenang, sesuai urutan yang ada di dalam buku “Kota, Kata, Kita,” yang menghimpun karya-karya para pemenang:

1. Aku Mencarimu di Jakarta, Marhalim Zaini
2. Di Kota Tua Jakarta, Sulaiman Jaya
3. Kota Rindu di Pundak Waktu Jakarta, Ruhan Wahyudi
4. Belok Kiri, Jalan Terus ke Kota Tua, Isbedy Stiawan ZS
5. Napak Tilas Ibu Kota, A’yat Khalili
6. Septima Puisi Jakarta, Faris Al Faisal
7. Sebuah Lorong di Kota Tua, Alexander Robert Nainggolan
8. Merayakan Galungan di Jakarta, Wayan Jengki Sunarta
9. Matahari Jakarta yang Selalu Menyala, Edy Pranata PNP
10. Muara Angke, Adri Darmadji Woko
11. Stasiun Sudirman, Ketut Sy Abbas

Tahniah, Puisi Marhalim Zaini Raih Juara Nasional
4/ 5
Oleh