Senin, 12 Agustus 2019

Apakah Dunia Literasi Kita Sudah Merdeka?

Apakah Dunia Literasi Kita Sudah Merdeka?

Apakah Dunia Literasi Kita Sudah Merdeka?
Senin, 12 Agustus 2019


PROGRAM diskusi seni bulanan akan digelar hari Jumat, 16 Agustus 2019 mendatang. Bertempat di kedai kopi Suku, diskusi akan dimulai pukul 20.00 WIB sampai selesai. Kali ini mengangkat tema yang belakangan cukup menggelisahkan bagi dunia literasi yakni terkait razia buku. Tema yang juga dikaitkan dengan peringatan hari kemerdekan Republik Indonesia ke 74 ini berbunyi “Merdeka Literasi versus Razia Buku.”

Diskusi seni yang ke 16 ini, menghadirkan para pemantik Irsyad Al Djaelani (mahasiswa Pasacasarjana UNRI), Wamdi Jihadi (Duta Baca Riau 2018), dan Marhalim Zaini (sastrawan, Kepala Suku Seni), serta dipandu oleh Ajik Bahar.

Koordinator diskusi, Eko Ragil, menyebut para pemantik yang diundang ini akan membincangkan bagaimana perkembangan dunia literasi kita hari ini, dan bagaimana pula jika diperhadapkan dengan upaya-upaya penyitaan buku di sejumlah daerah di Indonesia. Maka pertanyaan berikutnya adalah apakah dunia literasi kita ini sudah merdeka?

Diskusi yang dibuka untuk umum ini, adalah program bulanan Suku Seni. Sejak berdiri di akhir 2017, Suku Seni telah menggelar 15 kali diskusi seni yang menghadirkan berbagai narasumber, baik dari dalam Riau maupun luar Riau, serta mengangkat berbagai tema seputar dunia seni-budaya.

Kepala Suku Seni, Marhalim Zaini, menyebut program ini adalah sebuah upaya menciptakan atmosfer pergerakan wacana seni-budaya, untuk mengimbangi produksi seni-budaya yang terus lahir dan berkembang. “Diskusi harus terus terjadi, secara intensif. Itu salah satu cara membangun kebudayaan. Tidak hanya seminar tahunan, dengan agenda yang seolah besar, tapi setelah itu diam,” tutup Marhalim.***

Apakah Dunia Literasi Kita Sudah Merdeka?
4/ 5
Oleh

2 Comments

avatar

Mantaaap tuuh, pengen ikut, tapi jauuuuh, wkwkww

avatar

Ditunggu, Pak Elvi Ansori.