Senin, 05 Agustus 2019

Suku Seni Sewakan Alat Musik

Suku Seni Sewakan Alat Musik

Suku Seni Sewakan Alat Musik
Senin, 05 Agustus 2019


SEJAK bulan Juli 2019, Rumah Kreatif Suku Seni Riau mulai menyewakan sejumlah alat musik, tradisional maupun modern, seperti kompang, marwas, gendang panjang, bebano, biola, accordion, tambur, gitar, keyboard, dan gambus. Bagi masyarakat yang membutuhkan bisa langsung ke Rumah Suku di Jalan Amal Ikhlas nomor 11, Air Dingin atau menghubungi Ace (082285486366) atau Denisa (082285956903).

Alat-alat musik yang diperoleh dari Bantuan Pemerintah melalui program Fasilitasi Komunitas Budaya di Masyarakat (FKBM) 2019, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ini memang lebih diperuntukkan bagi anggota Suku Seni sendiri dalam berkarya, untuk terus meningkatkan sumber daya manusianya, dan melahirkan generasi baru pekerja seni di Riau. “Fasilitasi ini sangat berarti bagi kami, karena kami sekarang tidak lagi bingung saat memerlukan alat musik untuk berkarya,” ujar Kepala Suku Seni, Marhalim Zaini.

Di samping itu, Marhalim menambahkan, Suku Seni sebagai sebuah komunitas independen yang bergerak dari swadaya dan usaha-usaha mandiri harus terus berupaya untuk survive. Harus terus kreatif untuk mengembangkan diri agar komunitas ini bisa bertahan ke depan. “Usaha menyewakan alat musik ini adalah satu upaya agar kami mampu bertahan, selain juga tetap terus menjalin kerjasama dan membuka jaringan ke berbagai pihak yang peduli terhadap seni-budaya. Kami juga menyewakan kostum tari, teater bangsawan, dan sound system,” tambah Marhalim.***

Suku Seni Sewakan Alat Musik
4/ 5
Oleh