Jumat, 13 September 2019

Diskusi Seni #17 akan Bahas Sensor Media Sosial

Diskusi Seni #17 akan Bahas Sensor Media Sosial

Diskusi Seni #17 akan Bahas Sensor Media Sosial
Jumat, 13 September 2019


DALAM kondisi kabut asap yang telah demikian meresahkan masyarakat Riau, Rumah Kreatif Suku Seni Riau tetap akan menggelar diskusi bulanan, pada Sabtu, 14 September 2019, pukul 20.00 WIB di Rumah Suku, Jalan Amal Ikhlas nomor 11. Kali ini mengangkat tema “Sensor Media Sosial” yang belakangan cukup ramai diperbincangkan, terlebih ketika media sosial menjadi corong berbagai berita hoax.

Dua pembicara sengaja diundang sebagai pemantik diskusi seni yang ke 17 ini, Dr. M. Badri, M.Si (dosen Ilmu Komunikasi UIN Suska) dan Zainul Ikhwan (pegiat media dan Ketua KPID Riau 2010-2016). Diskusi akan dipandu oleh Joni Hendri, salah seorang anggota Suku Seni.

Media sosial hari ini seolah telah menjadi ruang yang paling bebas. Setiap individu dengan leluasa berbicara, menyebarkan berita dan informasi apapun. Batas-batas norma, etika, sopan santun, bahkan  batas-batas hukum, menjadi kabur.

Maka sensor pribadi, sensor pemerintah, mungkin diperlukan. Tapi bagaimana cara kerja sensor itu, apa payung hukumnya? Bagaimana pula dengan upaya pemerintah misalnya ketika menutup akses internet bagi masyarakat di Papua?

Diskusi ini bisa bergerak dalam ruang lingkup pembicaraan di atas. Namun bisa pula meluas dalam rangka mencari formula, mengembangkan pikiran-pikiran yang berkontribusi pada pemahaman kita soal media sosial. “Kami mengundang kawan-kawan dari berbagai displin, untuk ikut diskusi santai di Rumah Suku, sambil malam mingguan yang cerdas...” ujar Marhalim, Kepala Suku Seni.***

Diskusi Seni #17 akan Bahas Sensor Media Sosial
4/ 5
Oleh