Jumat, 18 Oktober 2019

Ayo, Ikuti Festival Sastra Sungai Jantan 2019

Ayo, Ikuti Festival Sastra Sungai Jantan 2019

Ayo, Ikuti Festival Sastra Sungai Jantan 2019
Jumat, 18 Oktober 2019



DINAS Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Siak Sri Indrapura tahun ini menggelar Festival Sastra Sungai Jantan. Kegiatan ini terdiri dari lomba penulis puisi, cerpen, dan naskah drama. Pendaftaran dibuka sejak tanggal 10 Oktober dan ditutup tanggal 10 November 2019. Total hadiah yang disediakan adalah 21 juta. Semua ketentuan lomba dapat dilihat pada poster (terlampir).

Zulkarnain Al Idrus, selaku panitia pelaksana dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menyebut, bahwa kegiatan ini direncanakan akan digelar setiap tahun. Tahun ini adalah awal, dan akan dilanjutkan tahun 2020, dengan kegiatan yang lebih luas lagi. Menurut dia, nama kegiatan “Festival Sastra Sungai Jantan” ini adalah hasil diskusi dan usul dari kanda Marhalim Zaini, sastrawan Riau.

“Kegiatan ini dibuat untuk memotivasi para penulis di Riau, terutama di Siak, untuk terus melahirkan karya. Tahun depan kita berupaya Festival Sastra Sungai Jantan ini akan menjadi iven sastra nasional, dan Siak menjadi tuan rumahnya,” ujar Wak Zul, panggilan akrabnya.

Sementara itu, Kepala Suku Seni, yang ditunjuk sebagai salah satu dewan juri dan sekaligus konsultan kegiatan ini menyatakan sangat senang karena Siak telah menyambut baik gagasan-gagasannya, dan mulai bergerak dengan agenda-agenda sastranya. Marhalim menyebut, ini agenda awal, dan akan terus dipersiapkan untuk tahun 2020, menjadi iven sastra nasional. Tema "Sungai Jantan" sengaja diangkat untuk memberi perhatian dan kepedulian terhadap sungai Siak yang sangat penting perannya dalam sejarah dan peradaban dunia Melayu.

“Saya akan terus berupaya untuk support kegiatan sastra di Siak, dan berupaya menjadikan Siak sebagai salah satu titik pergerakan sastra di Riau, dan di Indonesia,” tambah Marhalim, yang tahun lalu juga ditunjuk menjadi narasumber kegiatan workshop sastra di Siak.

Festival Sastra Sungai Jantan ini, bukan kegiatan pertama yang digelar oleh pemerintah daerah Siak, karena tahun-tahun sebelumnya cukup banyak agenda sastra. Di antaranya penerbitan buku puisi antologi bersama para penulis Siak, berjudul “Kau Tiup Aku Hembus,” dan workshop sastra bersama Marhalim Zaini. 

Menurut Marhalim, Wak Zul adalah bagian penting dari pergerakan sastra di Siak, karena atas inisiatif dan semangatnya, ia telah membangun atmosfer penulisan sastra di kabupaten Siak hari ini.***

Ayo, Ikuti Festival Sastra Sungai Jantan 2019
4/ 5
Oleh