Sabtu, 26 Oktober 2019

Dua Seniman, Satu Anggota DPRD Riau Kunjungi Suku Seni

Dua Seniman, Satu Anggota DPRD Riau Kunjungi Suku Seni

Dua Seniman, Satu Anggota DPRD Riau Kunjungi Suku Seni
Sabtu, 26 Oktober 2019

SELAMA bulan Oktober ini, dua seniman luar Riau dan seorang anggota DPR Provinsi Riau berkunjung ke Rumah Kreatif Suku Seni Riau.  Mereka adalah Rusmansyah pemusik dari Jogjakarta dan Sunaryo JW penyair muda dari Sumatera Utara, serta Makmun Solikhin (anggota DRPD Riau).

    Rusmansyah sedang memberikan materi diskusi

Rusmansyah singgah ke Rumah Suku selain dalam rangka silaturahmi juga melakukan kunjungan kreatif, setelah sebelumnya ia melakukan perjalanan ke Aceh dan Medan. Selama lebih kurang sepekan di Rumah Suku, ia banyak berbagi dengan anggota Suku Seni, terutama soal kerja kreatif penciptaan. Menyambut itu, Suku Seni kemudian menggelar sebuah diskusi dari musik ekologis “Meratus” yang diciptakan Rusmansyah. “Ini juga seperti residensi seni di Rumah Suku,” ujarnya.

Sementara itu, suatu malam, Makmun Solikhin, seorang anggota DPRD Riau datang berkunjung ke Rumah Suku. Selain menemui sahabat lamanya Rusmansyah, ia juga hendak melihat langsung keberadaaan sanggar Suku Seni Riau yang dipimpin oleh Marhalim Zaini ini. Ia menyatakan sudah lama mendengar nama Marhalim dan membaca karyanya, baru bertemu langsung dan berdiskusi baru kali ini. Kebetulan ia kini duduk di komisi yang membidangi dunia seni-budaya, maka kunjungan ini bisa menjadi salah satu cara untuk menyerap aspirasi para seniman.
    Makmun Solikhin (berpeci) berada di Rumah Suku

Selang beberapa hari, seorang penyair muda dari Padang Sidempuan, Sumatera Utara, Sunaryo JW, singgah ke Rumah Suku. Meskipun hanya transit satu malam karena ia akan berangkat ke Jogjakarta, Suku Seni tetap menganggap ini sebuah pertemuan kreatif dan ruang silaturahmi. Suku Seni senang karena Rumah Suku menjadi alternatif bagi kawan-kawan seniman dan pekerja seni yang memerlukan tempat singgah.
Sunaryo JW bersama Kepala Suku Seni

Marhalim Zaini, Kepala Suku Seni, menyambut baik siapapun yang berkenan singgah di Rumah Suku. Sebab salah satu tujuannya disewa sanggar yang cukup memadai adalah untuk menyediakan alternatif ruang singgah bagi kawan-kawan seniman dari dalam Riau, terutama dari luar Riau. Dengan begitu, kata Marhalim, anggota Suku Seni juga bisa banyak belajar dan menyerap pengalaman dari momentum ini.

Marhalim mengucapkan terima kasih kepada bapak Makmun Solikhin, Rusmansyah dan Sunaryo JW. Terima kasih bagi siapapun yang berkenan datang, bersilaturahmi. Marhalim meminta maaf jika sambutan yang kurang memuaskan dan falisilitas di Rumah Suku yang terbatas.***

Dua Seniman, Satu Anggota DPRD Riau Kunjungi Suku Seni
4/ 5
Oleh